Gizi atau Nutrisi?

Perdebatan mengenai penggunaan kata yang benar apakah gizi atau nutrisi masih begitu hangat terjadi di ruang-ruang kelas. Hal ini terjadi karena di Prodi Ilmu Gizi jelas kata yang biasa dipakai adalah gizi, namun untuk beberapa dokter, kata yang sering muncul adalah nutrisi. Agar lebih tepat, maka kita lihat di KBBI:

gizi/gi·zi/n zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan badan;

bergizi/ber·gi·zi/v mengandung gizi
nutrisi/nut·ri·si/n Dok1 proses pemasukan dan pengolahan zat makanan oleh tubuh; 2 makanan bergizi; 3 ilmu tentang gizi
nutrisionis/nu·tri·si·o·nis/n ahli gizi

Hasil pencarian KBBI di atas tentu sudah dapat menjawab pertanyaan, bahwa pertanyaan gizi atau nutrisi tidaklah relevan. Kedua kata tersebut mengandung arti yang sama, namun nutrisi merupakan nomina/ kata benda yang dipakai di dunia kedokteran. Hal ini berarti perbedaan intinya adalah gizi merupakan istilah awam, sedangkan nutrisi adalah istilah khusus.

Hal yang berbeda adalah ketika kata dietisien dicari di KBBI maka anda tidak akan menemukan apa-apa, sedangkan kata nutrisionis sudah ada di KBBI. Berarti istilah “dietisien” masih belum umum digunakan, sehingga harus lebih sering untuk dipakai dan dipublikasikan lagi agar lebih umum di masyarakat. Padahal pada bidang ilmu gizi, istilah dietisian adalah profesi yang penting (mungkin akan saya bahas di tulisan yang lain).

Dari uraian ini sudah jelas bahwa jawab untuk pertanyaan gizi atau nutrisi? adalah keduanya benar dan dapat dipakai. Meskipun begitu, dalam salah satu kuliah di kelas S2 Gizi IKM FK UGM,  Prof. Soekirman pernah berkata kalau istilah yang benar adalah gizi, sedangkan nutrisi merupakan istilah gizi yang digunakan dalam hewan/ kedokteran hewan. Hal ini dikarenakan istilah nutrisi dibawa masuk oleh para dokter hewan sebelum adanya kesepakatan mengenai terjemahan nutrition dalam bahasa Indonesia.

Uraian ini tidak bertujuan untuk menjudge pembaca yang sudah mantap untuk menggunakan istilah gizi atau nutrisi, tetapi hanya sebagai referensi bagi yang masih bingung dalam memilih satu dari kedua istilah tersebut. Kesimpulannya, istilah gizi atau nutrisi adalah sama sehingga penggunaannya dapat dipergunakan secara bergantian. Akan tetapi, bila pembaca merasa ingin sesuai dengan anjuran Prof. Soekirman, silahkan menggunakan istilah gizi untuk merujuk zat dari makanan pada manusia dan istilah nutrisi untuk merujuk zat dari makanan pada hewan.